News Update :

PENGAJIAN MUHARRAM PAGUYUBAN TANI LAWANG

Senin, 05 Desember 2011

Kota Lawang- Momen Muharram tidak boleh dilewatkan begitu saja. Apalagi bulan yang penuh kemuliaan ini sayang kalau tidak kita manfaatkan sebaik-baiknya karena bulan Muharram adalah salah satu dari empat bulan haram atau bulan yang dimuliakan Allah. Empat bulan tersebut adalah, Dzulqa’dah, Dzulhijjah, Muharram dan Rajab. Allah Ta’ala berfirman:
 
إِنَّ عِدَّةَ الشُّهُورِ عِنْدَ اللَّهِ اثْنَا عَشَرَ شَهْرًا فِي كِتَابِ اللَّهِ يَوْمَ خَلَقَ السَّمَوَاتِ وَالْأَرْضَ مِنْهَا أَرْبَعَةٌ حُرُمٌ

“Sesungguhnya jumlah bulan di Kitabullah (Al Quran) itu ada dua belas bulan sejak Allah menciptakan langit dan bumi, empat di antaranya adalah bulan-bulan haram” (QS. At Taubah: 36)

Tepat pagi hari (4/12) sekitar pukul 09.00 wib, paguyuban tani lawang yang merupakan perhimpunan kelompok tani binaan PKS Lawang mengadakan pengajian bersama dalam menyambut bulan Muharram. Acara yang dimotori oleh kelompok tani desa Wonorejo diadakan di rumah pak Sutikno salah satu anggota. Dalam sambutannya Pak Ngadiono selaku ketua panitia mengatakan bahwa selain memperingati datangnya bulan Muharram, pengajian ini juga sebagai ajang mempererat tali silaturahim antar anggota kelompok tani yang tergabung dalam paguyuban tani lawang.
Selain pak Ngadi, hadir juga untuk memberikan sambutan yaitu bapak Kasemin selaku kepala desa Wonorejo dan Pak Achmad Subhan Aleg DPRD Jatim fraksi PKS yang menjadi promotor utama digulirkannya bantuan alat pertanian untuk masyarakat Lawang. Acara ini juga dihadiri oleh Kyai Khoirul Anam dan Habaib Abdul Qodir Baagi yang keduanya berasal dari kota Malang.

Dalam tausyiyahnya Kyai Khoirul Anam menekankan pentingnya doa dan usaha (ikhtiar) dalam meraih cita-cita yang diinginkan. "Yakin kepada Allah adalah kuncinya" ujar beliau menambahkan. Acara ditutup dengan doa yang dipimpin oleh Habaib Abdul Qadir Baagi dan dilanjutkan ramah tamah.

Acara berlangsung meriah karena mampu menyedot massa sekita 200an orang yang berasal dari daerah setempat, anggota kelompok tani desa lainnya dan para tamu undangan. Mudah-mudahan dengan acara ini mampu mengingatkan kita akan keutamaan bulan Muharram sehingga kita mampu menjalankan amalan bulan ini sesuai sunnah Rasulullah saw.




Artikel Terkait

Share this Article on :

Posting Komentar

 

© Copyright DPC PKS Lawang 2010 -2011 | Redesign by PKS Lawang | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.