News Update :

PANEN AKBAR KELOMPOK TANI DESA BEDALI

Senin, 23 April 2012


Kota Lawang- (21/4) Sabtu pagi sekitar pukul 09:00 kami (pengurus DPC PKS lawang) berkesempatan untuk hadir dalam acara panen akbar di desa Bedali. Apa yang menarik dari acara ini? Momen kali adalah sungguh istimewa karena pertama kali alat pertanian yang diperbantukan tahun lalu kepada kelompok tani diuji cobakan. Alat pertanian tersebut diantaranya power treasure (perontok padi) dan alat pemotong padi.

Sudah menjadi kebiasaan masyarakat desa manakala ada panen maka segenap kerabat berbondong-bondong untuk membantu. Selain kami, tampak hadir ketua Gapoktan desa Bedali bapak Rokin, Pak Jabir ketua Poktan (kelompok Tani)  Tani Makmur (beliau juga kader PKS Lawang) dan beberapa orang anggota Poktan. 

Salah seorang anggota Poktan mengatakan bahwa dengan adanya alat ini pekerjaan menjadi lebih mudah dan efisien. Sebelumnya untuk memotong padi  mereka menggunakan sabit dibutuhkan waktu cukup lama sementara jika menggunakan alat pemotong padi maka hasilnya jauh lebih cepat dan hasil potongannya pun rapi.



Untuk merontokkan padi pun juga demikian. Awalnya mereka menggunakan alat sederhana dengan cara dipukul-pukulkan ke alat tersebut agar bulir padi rontok. Perolehan bulir padi dengan alat sederhana ini tidak maksimal karena masih ada sisa yang tertinggal di batang padi. Jika dibandingkan dengan menggunakan power treasure hasilnya akan terlihat mencolok sekali. Alat ini mampu memisahkan bulir padi 100% dari tangkainya. Selain itu juga menghemat tenaga karena mudah dalam pemakaiannya. Cukup memasukkan ujung tangkai padi yang terdapat bulir ke dalam mesin kemudian secara otomatis roller yang dilengkapi bilah-bilah yang berputar akan memisahkan bulir-bulir itu dari tangkainya.



Kesimpulan kami, bantuan alat pertanian ini mampu memberi manfaat yang besar bagi para petani. Pekerjaan menjadi lebih mudah, butuh waktu singkat untuk memperoleh hasil yang banyak, menghemat tenaga karena mudah penggunaannya. Mudah-mudahan alat-alat tersebut mampu bertahan lama dan dapat memberikan kemanfaatan sebesar-besarnya bagi masyarakat. Dan PKS Lawang tetap istiqomah untuk peduli terhadap permasalahan masyarakat.

Artikel Terkait

Share this Article on :

Posting Komentar

 

© Copyright DPC PKS Lawang 2010 -2011 | Redesign by PKS Lawang | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.