News Update :

Poktan Srigading, Berkembang Dalam Keterbatasan

Selasa, 08 Mei 2012





Kota Lawang- Kemarin ahad (6/5) kami menyempatkan diri untuk bisa bersilaturahim dengan kelompok tani di desa Srigading. Keinginan ini sempat tertunda lama dan alhamdulillah baru bisa terealisasi kemarin. Butuh kemauan, tekad yang kuat dan kesabaran untuk bisa pergi ke sana sebab informasi dari beberapa teman jalan menuju ke area sana sungguh memprihatinkan alias tidak layak. Jangankan mobil untuk roda dua saja sangat susah. Pada awalnya memang jalan ini beraspal beberapa puluh tahun yang lalu namun karena tidak terawat maka saat ini tinggal bebatuan yang menonjol, ada juga sisi yang hanya terdiri dari tanah berombak. Kondisi ini semakin parah manakala hujan turun dan membuat jalan menjadi licin. Maka tidak heran, jika setiap orang yang notabene berada di kota enggan singgah ke desa ini.



Srigading merupakan salah satu desa yang berada di kecamatan Lawang. Sebagian besar penduduknya menggantungkan hidupnya dari hasil hutan,tanaman kopi dan sejenis tanaman keras lainnya.
Siang itu kami dari perwakilan pengurus DPC bertamu di rumah salah satu anggota poktan Tani Jaya dengan ditemani pak Misnan (ketua Poktan) dan beberapa anggota lainnya.  Banyak hal yang kami bicarakan terutama hal-hal yang berkaitan dengan usaha untuk meningkatkan taraf hidup para petani salah satunya adalah akses dana bantuan dari pemerintah untuk kesejahteraan para petani.

“Masyarakat sangat membutuhkan adanya bantuan itu karena dapat meningkatkan kesejahteraan para petani.” tutur pak Misnan. “sebagai contoh bantuan mesin pertanian dari PKS yang diberikan beberapa waktu lalu sangat bermanfaat bagi kami. Dengan alat itu panen jagung hanya dibutuhkan waktu yang singkat dan hasilnya pun optimal.” Tambah pak Misnan.


Selain berbincang-bincang kami pun berkesempatan untuk mengunjungi balai dusun yang rencananya akan dipakai untuk pengobatan gratis pekan depan. Begitu pula ketika kami sholat dhuhur di sebuah mushola di sana. Kondisi yang kurang baik terutama di tempat wudhu membuat kami cukup prihatin. Tentu kami berharap akan banyak bantuan dana yang bisa diakses guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat.

Saat perjalanan pulang kami sempat terpikirkan ide cukup cemerlang. Apa itu? Untuk menguji militansi (istijabah) dan kesabaran kader bagaimana kalau kita minta mereka berkunjung ke Srigading? Kami pun serentak menjawab SETUJU...!!!


Artikel Terkait

Share this Article on :

1 comment

Posting Komentar

 

© Copyright DPC PKS Lawang 2010 -2011 | Redesign by PKS Lawang | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.